Menyiapkan Media Tanam Tabulampot

Media tanam berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar yang menyuplai nutrisi sekaligus menopang postur tanaman. Oleh karena itu media tanam tabulampot harus bisa menyimpan air dan memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Jenis media tanam yang digunakan untuk menanam tabulampot adalah campuran kompos, tanah, dan arang sekam dengan komposisi 1:1:1. Kamu juga bisa menggunakan campuran lain yang terbuat dari tanah, sekam, pupuk kambing dengan komposisi 1:1:1. Agar biaya pembuatan tabulampot bisa ditekan, kamu bisa menggunakan media tanam yang ada di sekitarmu.

Tanah dan material organik di daerah tropis memiliki kandungan asam yang cukup timggi. Bila hal itu terjadi maka kurangi kadar keasaman media tanam tersebut dengan memberikan campuran kapur pertanian atau dolomit ke dalamnya.

Setelah media tanam selesai disiapkan, selanjutnya adalah mempersiapkan pot sebagai wadah tanaman. Jenis pot yang digunakan bisa bermacam-macam seperti pot dari tanah, kayu, logam (drum bekas), dan semen. Tetapi jenis pot yang terbuat dari kayu dan pot merupakan wadah yang sangat baik untuk tabulampot. Jenis media tanam tersebut mempunyai pori-pori sehingga kelembaban dan suhu lebih stabil. Kelemahannya adalah jenis media tanam seperti ini tidak mudah rusak.